Gara-gara Toilet Rusak, Astronot SpaceX Terpaksa Pakai Popok

astronot

topmetro.news – Para astronot yang akan kembali ke bumi dari Stasiun Luar Angkasa Internasional diharuskan menggunakan popok. Ini dikarenakan toilet kapsul mereka rusak.

Astronot NASA Megan McArthur menggambarkan situasi yang dialaminya sebagai “suboptimal” tetapi dapat dikelola. Dia dan tiga awaknya akan menghabiskan 20 jam di kapsul SpaceX mereka, sejak palka ditutup hingga peluncuran yang direncanakan Senin pagi.

“Penerbangan luar angkasa penuh dengan banyak tantangan kecil,” katanya saat konferensi pers dari orbit.

“Ini hanya satu lagi yang akan kita temui dan urus dalam misi kita. Jadi kami tidak terlalu mengkhawatirkannya,” imbuhnya seperti dikutip dari VOA, Sabtu (6/11/2021).

Setelah serangkaian pertemuan pada hari Jumat, manajer misi memutuskan untuk membawa McArthur dan krunya pulang sebelum meluncurkan pengganti mereka. Peluncuran SpaceX itu telah tertunda lebih dari seminggu karena cuaca buruk dan masalah medis yang tidak diungkapkan yang melibatkan salah satu kru. SpaceX sekarang menargetkan lepas landas paling cepat Rabu malam.

Astronot Prancis Thomas Pesquet, yang akan kembali bersama McArthur, mengatakan kepada wartawan bahwa enam bulan terakhir telah intens di sana. Para astronot melakukan serangkaian perjalanan ruang angkasa untuk meningkatkan jaringan listrik stasiun, mengalami penembakan pendorong yang tidak disengaja oleh kendaraan Rusia yang merapat yang membuat stasiun berputar singkat, dan menjadi tuan rumah bagi kru film swasta Rusia — syuting film pertama yang langsung dilakukan di stasiun luar angkasa.

Mereka juga harus berurusan dengan kebocoran toilet, menarik panel di kapsul SpaceX mereka dan menemukan genangan air seni. Masalah pertama kali dicatat selama penerbangan pribadi SpaceX pada bulan September, ketika sebuah tabung terlepas dan menumpahkan urin di bawah papan lantai. SpaceX memperbaiki toilet di kapsul yang menunggu lepas landas tetapi menganggap toilet di orbit tidak dapat digunakan.

Teknisi menentukan bahwa kapsul tidak terganggu secara struktural oleh urin dan aman untuk perjalanan kembali. Para astronot harus bergantung pada apa yang digambarkan NASA sebagai “pakaian dalam” penyerap.

Di sisi kuliner, para astronot menanam cabai pertama di luar angkasa – yang menurut McArthur sebuah dorongan moral yang bagus. Mereka harus mencicipi panen mereka dalam seminggu terakhir, menambahkan potongan paprika hijau dan merah ke taco.

“Mereka memiliki kepedasan yang enak, sedikit rasa terbakar yang tersisa,” katanya. “Beberapa menemukan itu lebih merepotkan daripada yang lain,” imbuhnya.

Bersama McArthur dan Pesquet juga akan kembali ke bumi astronot NASA Shane Kimbrough dan astronot Jepang Akihiko Hoshide. SpaceX meluncurkan mereka ke stasiun luar angkasa pada 23 April. Kapsul mereka disertifikasi untuk maksimum 210 hari di luar angkasa, dan dengan hari Jumat menandai hari ke-196, NASA sangat ingin memulangkannya kembali sesegera mungkin.

Satu orang Amerika dan dua orang Rusia akan tetap berada di stasiun luar angkasa setelah keberangkatan mereka. Meskipun akan lebih baik jika pengganti mereka tiba lebih dulu – untuk berbagi tips tentang hidup di luar angkasa – Kimbrough mengatakan astronot NASA yang tersisa akan mengisi para pendatang baru.

sumber | sindonews

Related posts

Leave a Comment